Pengguna Meningkat Selama Pandemi Corona, Yuk Intip Fitur Aplikasi Zoom


Coronavirus Disease of 2019 alias COVID-19 akibat virus SARS-CoV-2 yang terjadi di hampir seluruh dunia kini semakin memprihatinkan. Sejak 11 Maret 2020, badan kesehatan dunia, WHO, sudah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi karena angka kematiannya sudah mencapai 4000 jiwa. Berbagai perusahaan sudah mulai mencari cara paling efektif untuk mengakali fenomena ini, seperti video conference atau menggantikan meeting menjadi conference call.

Empat hari setelah WHO menyatakan COVID-19 sebagai pandemi, Presiden Jokowi mengimbau penduduk Indonesia untuk lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah, “Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” ujarnya. Artinya, saat ini kita disarankan untuk mengisolasi diri di rumah serta melakukan social distancing atau pembatasan sosial ketika berada di luar rumah.

Aksi ini juga diterapkan oleh berbagai instansi di Indonesia, terutama Ibukota Jakarta. Demi menjaga kestabilan produktivitas, sudah banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawannya dari rumah alias work from home (WFH). Namun, demi menjaga situasi yang tetap kondusif, video call menjadi jawabannya.

Kegiatan menelepon menggunakan video alias video call sudah mulai terbiasa digunakan oleh berbagai kalangan dari lapisan masyarakat. Mengingat efektivitas yang disediakan sesuai dengan “harga” yang harus dibayar, video call menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah ruang dan waktu ketika ingin bertatap muka.

Aplikasi Video Conference yang cukup populer selama wabah Corona atau Covid-19 melanda adalah Zoom. Zoom adalah sebuah produk aplikasi yang bergerak pada layanan panggilan video. Aplikasi ini sangat menarik perhatian banyak orang karena beberapa fiturnya. Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi Zoom:

1. Host a meeting

Fitur ini memberikan kesempatan pada salah satu orang untuk memimpin rapat. Dengan adanya fitur ini, pemimpin rapat dapat mengatur kekondusifan kegiatan rapat, karena dia bisa melakukan pengaturan pada rapat tersebut.

2. Schedule and Join a Meeting

Pemimpin rapat bisa menentukan jadwal akan diadakannya rapat. Dengan adanya fitur ini, anda bisa melaksanakan rapat dengan terjadwal.

3. Rekam Panggilan Video

Salah satu fitur yang juga menjadi kelebihan aplikasi Zoom adalah perekaman. Aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam sekaligus menyimpan video selama panggilan berlangsung. Kehadiran fitur ini tentunya menjadi salah satu keuntungan bagi para pengguna.

Sebab, hasil rekaman tersebut nantinya bisa disimpan di dalam komputer. Setelah itu, bisa diunggah ke berbagai layanan seperti dropbox.

Fitur di aplikasi Zoom ini terbilang cukup menarik. Sebab, anda bisa mendapatkan hasil rekaman dengan berbagai jenis format. Diantaranya adalah MP4, M4A, bahkan M3U.

Cara untuk menggunakan fitur ini terbilang cukup mudah. Sebab, anda hanya perlu memilih menu rekam atau record pada bar yang sudah disediakan.

4. Touch Up My appearance

Zoom masih memiliki beberapa fitur lainnya. Salah satunya adalah Touch Up My Appearance, yaitu untuk memfilter tampilan wajah. Fitur ini sangat berguna untuk menunjang tampilan wajah. Seperti menghaluskan wajah, kemudian mencerahkan warna kulit dan sebagainya. Fitur ini memang sengaja ditambahkan agar pengguna lebih nyaman. Fitur di aplikasi Zoom ini bisa diaktifkan dengan mudah. Anda bisa membuka menu Profil Image, klik Settings atau Pengaturan.

 


Berita Lainya

2020-04-15 | Admin