Ragam Aktivitas Produktif Siswa/i SMK Negeri 7 Semarang Selama #DiRumahAja


Virus Corona (Covid-19) telah menjadi pandemi global. Organisasi kesehatan dunia (WHO) telah melaporkan sebanyak 210 negara telah terdampak wabah tersebut, diantaranya Negara Indonesia.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yaitu melakukan pembatasan aktivitas. Seluruh interaksi menjadi terbatas satu sama lain, tak terkecuali kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 7 Semarang yang telah mengeluarkan kebijakan belajar di rumah dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Meskipun para siswa diwajibkan untuk belajar dan beraktivitas di rumah saja selama pandemi, namun tentu saja mereka masih bisa melakukan kegiatan yang menunjang produktivitas mereka. Berikut ini beberapa aktivitas produktif siswa SMK Negeri 7 Semarang selama di rumah saja.

“Kegiatan produktifku sebagai siswa tingkat akhir selama pandemi yaitu tentu menyelesaikan Tugas Akhir dengan konsultasi melalui media daring yang telah disediakan. Apabila jenuh mengerjakan Tugas Akhir, biasanya melakukan kegiatan menggambar atau melukis,” ujar Aldo Mahesa Putra, siswa semester akhir, kelas XIII jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton saat ditanya kesibukannya selama di rumah saja. Ia juga menambahkan untuk selalu menjaga kesehatan, rajin mencuci tangan, gunakan masker kain apabila terpaksa keluar rumah, lakukan social distancing dengan baik dan stay at home, serta ikuti himbauan dan regulasi pemerintah. Kalau bukan dari diri sendiri, lalu siapa lagi? 

“Selain mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, aku juga lagi mikirin bisnis usaha kecil-kecilan. Jadi selama pandemi ini, aku juga coba-coba resep baru,” ujar Rahma Sekar Aprilliani, siswa kelas XI jurusan Teknik Konstruksi Jalan, Irigasi, dan Jembatan. Ia juga menambahkan agar para siswa tetap selalu menjaga kesehatan dan tak lupa untuk selalu bersyukur.

Cerita berbeda datang dari Lina Okta Aulia, siswi kelas XII jurusan Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur, selama di rumah saja dan pembelajaran di rumah, ia lebih menyukai belajar memasak untuk mengasah ketrampilan memasak. Selain itu, ia juga kerap membersihkan lingkungan sekitar.

 


Berita Lainya