5 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona


Tak hanya mengancam kesehatan fisik, virus corona (Covid-19) juga dapat mempengaruhi kesehatan mental seluruh lapisan masyarakat. Rasa panik, takut, dan stres merupakan segelintir dampak yang dapat dirasakan saat mewabahnya virus yang mengancam saluran pernafasan ini.

Ditambah lagi dengan anjuran untuk #dirumahaja dan kebijakan social distancing atau physical distancing, yang dapat menimbulkan jarak secara emosional antara keluarga, teman, dan rekan kerja.

Hal ini dapat dirasakan sebagai sebuah tekanan atau beban yang sangat besar bagi sebagian orang. Jika tidak dapat dikendalikan, maka maka tekanan atau beban tersebut akan berdampak pada kesehatan mental.

 

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental saat berlangsungnya pandemi seperti ini? Yuk simak 5 tips berikut ini.

     1. Jaga komunikasi dengan keluarga dan teman sejawat

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang dipercaya, seperi keluarga, sahabat, atau teman sejawat karena bagi sebagian orang yang tinggal sendirian, melakukan social distancing dapat membuat perasaan kesepian yang berlebihan. Dengan melakukan cara ini, tekanan yang dirasakan akan berkurang dan lebih tenang.

     2. Bijak memilah informasi

Untuk mengurangi rasa cemas, batasi waktu untuk menonton, mendengar, atau membaca berita seputar pandemi baik melalui televisi maupun media sosial. Beri jadwal khusus untuk membaca berita terkini tentang corona, misalnya pada pukul 17.00-18.00.

     3. Konsumsi makanan bergizi

Menjaga asupan nutrisi dapat menjaga kesehatan mental baik secara langsung maupun tidak langsung. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan serat.

     4. Lakukan aktivitas fisik

Kegiatan yang tidak kalah penting, yaitu melakukan olahraga ringan seperti lari kecil atau senam. Selain itu lakukan latihan peregangan dan pernapasan untuk membantu menenangkan diri.

     5. Buat rutinitas yang dapat menghilangkan rasa jenuh

Lakukan hobi atau aktivitas yang disukai, misalnya membaca buku, menulis blog, mengikuti online course, memasak, atau menonton film. Selain dapat menghilangkan rasa jenuh, kegiatan tersebut dapat meningkatkan produktivitas selama karantina di rumah.

 

Untuk menghadapi pandemi virus corona, jangan terpancing kepanikan maupun ketakutan karena niscaya dapat membantu menjaga kesehatan mental dan fisik di tengah pandemi ini.

 


Berita Lainya

0000-00-00 |